Rabu, 08 Desember 2010

PIRANTI LUNAK ( SOFTWARE ) DAN DATABASE MANAGEMENT SYSTEM

Pengertian

·       Piranti lunak adalah program-program yang digunakan untuk mengatur kerja suatu system komputer dan jaringan.
·       Program adalah sekumpulan instruksi yang memerintahkan komputer untuk melakukan suatu tugas

Kategori

a. Piranti lunak sistem (systems software)
- Sistem operasi
- Bahasa pemrograman
- DBMS
- Utilities
- Communications
b. Piranti lunak paket
·       Paket Umum (General Purpose)
-         Word Processing
-         Spreadsheet
-         Presentation Graphics
-         Data Management
-         Computer Aided Design/CAM
-         Project Management
-         Drawing Dan painting

·       Paket Aplikasi
-         Payroll Processing
-         Inventory Management
-         Human Resourrces Management
-         Utility Biiling
-         General Ledger
·       Paket Workgroup
-         Calender And Scheduling
-         Electronic Conferencing
-         Electronic Mail
-         Electronic Messaging
·       Paket Multimedia
-         Authoring
-         Animation
-         MIDI
-         Sound capture and editing
-         Video capture and editing
-         Speech Systhesis
·       Paket Cyberspace
-         Web Browsers
-         Web Search Egines
-         Web Directories
·       Paket Buatan (custom software)

SISTEM OPERASI (OS)
Adalah seperangkat program yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menjalankan komputer berikut seluruh komponennya yang terkait
a. Fungsi utama
- Mengatur kerja komponen-komponen komputer (perangkat keras maupun piranti lunak)
- Berinteraksi dengan user
- Mengeksekusi program aplikasi
- Mengatur pemakaian resources secara bersama-sama
- Penjadwalan job
- Mengawasi sekuriti system
b. Jenis-jenisnya
- Sistem Operasi PC
- Mac OS
- DOS (MS-DOS)
- Windows (MS-Windows): 3.x, 9x, NT, dan CE.
- OS/2
- Linux
- Sistem Operasi Jaringan (Network Operating Systems)
- Novell Netware
- MS-LAN Manager
- Apple Talk
- IBM-SNA
- DECNET
- Sistem Operasi Komputer Besar
- Unix (SCO, AIX, Linux,…..)
- VMS
- MVS, dll




BAHASA PEMROGRAMAN
Adalah serangkaian perintah atau kode-kode yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga komputer dapat menjalankan aktivitasnya
1. Kategori
a.  Low Level Languages
- Generasi I :machine language
- Generasi II:assembly language
b.  High Level Languages
- Generasi III (Procedure Oriented Language): FORTRAN, COBOL, BASIC,…
- Generasi IV (4GL): Informix, NOMAD, Focus, dll
- Object Oriented Language: Small Talk, C++
- Visual Language: Visual BASIC, Visual C, dll.
- Database Languages: dBase, FoxPro, Access, dll.
- Internet Programming Languages: HTML, XML, VRML, JavaScript, ActiveX, dll.
c.  Natural Languages

2.  Language Translator
- Assemblers
- Compilers
- Interpreters



DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS)

Adalah suatu piranti lunak yang memungkinkan user dapat mengelola (menyimpan, meng-update dan men-retrieve) data di dalam suatu database secara lebih mudah dan efisien
a. Contoh-contoh DMBS komersial :
- DB2
- ORACLE
- SYBASE
- Ingress
- MS-SQL Server
- dBase
- MS-Access
- MS-Foxpro
-dll

UTILITIES
Adalah program-program khusus yang dapat membantu mempermudah operasional komputer sehari-hari
Contoh :
- Back-up
- Restore
- Sort
- Merge
- Format
- Pengorganisasian disk
- Device Driver
- Proteksi virus
- Memory management

PROGRAM UNTUK KOMUNIKASI
Adalah program-program yang mengatur interaksi antara suatu sistem komputer dan suatu jaringan komunikasi, serta transmisi data/informasi melalui jaringan tersebut.
Contoh :
-SmartComm
- Cross-Talk
- Quick Link
- Kermit
- ProComm
- CommWorks
- Hyper Terminal

TAHAPAN PEMBUATAN PROGRAM
Pembuatan program memerlukan tahapan-tahapan pembuatan programagar program yang dihasilkan dapat digunakan dalam suatu sistem. Dalam pembahasan ini ada 5 tahapan dalam pembuatan program :
1.   Analysing The Problem
2.   Writing The Program
3.   Compiling The Program
4.   Testing The Program
5.   Preparing The Program For Production


TRANSLATOR
Penterjemah atau yang lebih dikenal dengan nama translator terdiri atas interpreter dan compiler.
1.   Interpreter
Bertugas menterjemahkan instriksi atau program ke dalam bahasa mesin dengan menterjemahkan langsung sebuah kalimat perintah yang telah selesai dibuat tanpa menunggu selesainnya seluruh program , sehingga kesalahan kalimat demi kalimat mudha dideteksi.
2.   Compiler
Bertugas meneterjemahkan intruksi atau progran ke dalam bahasa mesin dengan menyelesaikan selurtuh program terlebih dahulu kemudian baru diterjemahkan secara keseluruhan. Jika ada kesalahan dalam program, maka compiler akan memberitahukan kepada programer, maka tersebut dengan menampilkan pesan kesalahan (erros messages) dimonitor.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger